Kare Ayam

D’Story :

Resep ini kalo nggak salah aslinya dapet dari detikfood.com seperti biasa dimodif sedikit. Tapi kalau isinya cuma ayam sepertinya kurang seru yah. Jadi saya tambahin telur rebus, buncis dan wortel. Biar menarik dilihatnya.

Ini kali pertama saya bikin kare, jadi tadi itu saya masak sambil megang print out resep sampe luntur kena cipratan air 😀

Bumbu yg musti dihaluskan lumayan banyak, jadi tadi saya blender aja biar cepet. Tapi ga sia-sia lho, setelah umek sana-sini akhirnya hidangan buka puasa jadi juga. Kata hubby, masakan kali ini bener-bener enak lho buktinya saya dapet (^ ε ^) dari hubby. Oh senangnya….

Bahan:

  • 4 ptg ayam
  • 2 btr telur
  • buncis dan wortel secukupnya, cuci bersih lalu potong-potong ± 3 cm
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 bh santan kara, 1 diencerkan 1 dibiarkan kental
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdm air asam jawa
  • gula, garam, penyedap rasa secukupnya

Haluskan:

  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 3 butir kemiri
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • ½ sdt ketumbar
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt jintan
  • ½ cm jahe
  • ½ cm lengkuas

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan air asam jawa. Masak hingga wangi.
  3. Tambahkan potongan ayam, aduk-aduk sebentar.
  4. Tuangi santan encer, didihkan dengan api kecil hingga daging ayam hingga hampir lunak.
  5. Masukkan telur, wortel dan buncis.
  6. Tambahkan santan kental. Masak hingga kuah kental dan berminyak.
  7. Angkat, sajikan hangat.

Untuk 6 porsi

Advertisements

Tumis Sarden Sayuran

D’Story :

Tadinya pengen masak soto ayam, buat buka puasa tapi ga ada yg anter ke pasar. Niatnya sih sekalian belanja buat 1 minggu. Ya udah deh malam ini masak apa adanya aja, disesuaikan dengan isi kulkas.

Pas diliat tinggal ada sekaleng sarden dan sayuran beku, klo dimasak sendiri-sendiri jadinya dikit banget. Campurin aja klo gitu, jadi ini bisa dibilang resep kepepet tapi soal rasa tetep yummy…

Bahan:

  • 1 klg sarden
  • 1 mangkuk sayuran beku
  • 4 sg bawang merah, iris halus
  • 2 sg bawang putih, iris halus
  • 1 ruas jahe, digeprek buat ngilangin amis
  • 3 bh cabai merah iris serong
  • 2 lbr daun salam
  • 1 ruas laos, digeprek
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • gula & garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan cabai merah, salam, laos dan jahe tumis hingga layu.
  3. Masukkan sayuran beku, masak hingga setengah matang.
  4. Masukkan sarden dan sausnya. Masak hingga matang.
  5. Tambahkan garam, gula pasir, lada bubuk.
  6. Setelah rasanya pas, angkat dan hidangkan.

Untuk 4 porsi

Ayam Goreng

D’Story :

Ayam adalah makanan favorit saya, mau diolah dalam bentuk apapun juga pasti sayaa lahap. Dulu semasa kecil saya di Jogja, Mama saya sering membelikan ayam goreng yg diwadahin pake besek. Rasanya uenakkk ada sambelnya yg asam manis dan kriuk-kriuk yg selalu jadi rebutan.

Saya belum bisa membuat ayam goreng seenak itu, tapi ini saya ingin berbagi resep ayam goreng sederhana tapi rasanya tetep yummy.

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera

Bumbu:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 5 buah kemiri
  • 2 lbr daun salam
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 btg sereh, geprek
  • 2 cm laos, geprek
  • 2 lbr daun salam
  • beberapa tetes cuka masak
  • gula jawa, garam dan asam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan semua bumbu, kecuali sereh, laos, daun salam.
  2. Masukkan bumbu ke dalam panci, tambahkan ayam dan beri air sampai terendam semua.
  3. Ungkep sampai air menyusut.
  4. Goreng sampai warnanya kekuningan.
  5. Angkat dan hidangkan.

Untuk 1  porsi (1 piring)

Sambal Ikan Cue

D’Story :

Sayur lodeh semalem masih ada, kemarin sengaja bikin banyak… kirain temen-temen mas Sidik mau makan di rumah. Eh taunya udah pada makan 😦 Jadi buat buka puasa hari ini tinggal nambahin lauknya aja, ikan cue cocok kali ya sama sayur lodeh. Tapi diapain ya… klo digoreng udah terlalu sering, pengennya sih ikan cue ini tampil lebih menarik.

Setelah browsing gw dapet resep Sambal Ikan Cue Tongkol (liat dari gambarnya… yummy nih dipaduin sama nasi hangat & sayur lodeh), tinggal ganti ikan tongkolnya dgn ikan cue… Sip deh 😀

Resep aslinya bisa diintip disini : Sambal Ikan Cue Tongkol

Bahan :

  • 8 bh ikan cue
  • 5 bh cabai merah, haluskan
  • 2 sg bawang putih, haluskan
  • 4 sg bawang putih, iris tipis
  • 3 sg bawang merah, iris tipis
  • ½ btr bawang Bombay, iris tipis
  • Daun bawang, potong-potong
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Goreng terlebih dahulu ikan cue sampai matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan cabai merah yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan irisan bawang putih, bawang merah, bawang bombay dan daun bawang.
  3. Tambahkan sedikit air kemudian masukkan ikan cue yang sudah digoreng, aduk-aduk sebentar kemudian tambahkan sedikit air lagi.
  4. Setelah bumbu meresap, angkat dan hidangkan.

Tumis Buncis Ikan Mackarel

D’Story :

Perut terasa lapar tapi hanya punya mackarel kalengan. dan sedikit buncis. Ga perlu khawatir, dengan sedikit otak-atik jadilah Tumis Buncis Ikan Mackarel. Dimakan pake nasi panas hmm… yummy 🙂

Bahan :

  • 1 kaleng ikan mackarel
  • 5 bh cabai rawit, biarkan utuh
  • 10 bh buncis, potong-potong ±  3 cm
  • 2 bh cabai merah besar, potong serong
  • 1 siung bawang putih, iris tipis-tipis
  • 5 siung bawang merah, iris tipis-tipis
  • 1 bh tomat, potong-potong
  • 1 bh jahe (secukupnya saja) dimemarkan
  • 1 ruas laos, dimemarkan
  • minyak goreng untuk menumis
  • garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
  2. Masukkan cabai rawit, irisan cabai merah besar, jahe dan lengkuas.
  3. Masukkan tomat, masak sampai layu.
  4. Masukkan ikan mackarel berikut airnya, masak sampai mendidih.
  5. Masukkan buncis, aduk pelan-pelan. Masak sebentar saja supaya buncis masih kriuk-kriuk saat dimakan.
  6. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, masak sampai kuah mengental.
  7. Siap dihidangkan.

Tips & Trik :

Ikan mackarel bisa juga diganti dengan ikan sarden, tapi klo gw lebih suka pakai ikan mackarel karena lebih gede dan yummy 😉