Pecak Anak Ikan Nila

Pecak Anak Ikan Nila

D’Story

Punya tetangga hobi mancing itu enak lho. Kaya kemarin, saya kecipratan ikan hasil pancingan si tetangga. Ikan Nila yg masih imut-imut. Tadinya mau dimasak bumbu acar, eh jadinya malah di pecak 😀

Bahan:

  • Ikan Nila
  • 2 btr jeruk nipis
  • 250 cc Santan dari 1/2 butir kelapa (saya pakai santan Kara)
  • Daun salam, daun jeruk, laos dan serai secukupnya
  • Daun kemangi
  • Minyak untuk menumis
  • Garam, gula dan royco

Bumbu Halus:

  • 7 sg bawang merah
  • 3 sg bawang putih
  • 3 bh cabai merah (saya ga pakai)
  • 5 bh cabai rawit (karena krucil ikutan makan, cabai rawitnya ga saya halusin)
  • 2 cm kencur
  • 3 btr kemiri, disangrai dulu

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan nila (saya serahkan ayahnya Bara untuk urusan satu ini). Setelah bersih lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan +/- 15 menit. Lalu goreng sampai matang.
  2. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan. Setelah harum masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan laos. Aduk rata.
  3. Masukan santan, aduk-aduk dan masak sampai mendidih. Tambahkan gula, garam dan royco. Koreksi rasanya.
  4. Sesaat sebelum diangkat masukkan ikan Nila dan daun kemangi. Diamkan sebentar supaya bumbu meresap ke dalam ikan, angkat dan hidangkan.

    Note:

    Biasanya pecak disajikan dengan cara menyiramkan bumbu diatas ikan yg sudah digoreng sesaat sebelum dihidangkan, sehingga saat dimakan masih krenyes-krenyes. Tapi saya lebih suka ikannya agak nyemek-nyemek, lebih berasa klo kata saya sih. 

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s