Kare Ayam

D’Story :

Resep ini kalo nggak salah aslinya dapet dari detikfood.com seperti biasa dimodif sedikit. Tapi kalau isinya cuma ayam sepertinya kurang seru yah. Jadi saya tambahin telur rebus, buncis dan wortel. Biar menarik dilihatnya.

Ini kali pertama saya bikin kare, jadi tadi itu saya masak sambil megang print out resep sampe luntur kena cipratan air 😀

Bumbu yg musti dihaluskan lumayan banyak, jadi tadi saya blender aja biar cepet. Tapi ga sia-sia lho, setelah umek sana-sini akhirnya hidangan buka puasa jadi juga. Kata hubby, masakan kali ini bener-bener enak lho buktinya saya dapet (^ ε ^) dari hubby. Oh senangnya….

Bahan:

  • 4 ptg ayam
  • 2 btr telur
  • buncis dan wortel secukupnya, cuci bersih lalu potong-potong ± 3 cm
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 bh santan kara, 1 diencerkan 1 dibiarkan kental
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdm air asam jawa
  • gula, garam, penyedap rasa secukupnya

Haluskan:

  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 3 butir kemiri
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • ½ sdt ketumbar
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt jintan
  • ½ cm jahe
  • ½ cm lengkuas

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan air asam jawa. Masak hingga wangi.
  3. Tambahkan potongan ayam, aduk-aduk sebentar.
  4. Tuangi santan encer, didihkan dengan api kecil hingga daging ayam hingga hampir lunak.
  5. Masukkan telur, wortel dan buncis.
  6. Tambahkan santan kental. Masak hingga kuah kental dan berminyak.
  7. Angkat, sajikan hangat.

Untuk 6 porsi

Terong Sambal Teri

D’Story :

Sebagai pelengkap makan sahur, semalem saya bikin Terong Sambal Teri. Pikiran saya klo dimakan pake nasi anget yg masih ngepul pasti enak. Eh… sedihnya pas sama hubby cuma dicolek dikit. Tumben… iseng aku tanya kenapa. Jawabnya kalo makan terong takut besok lemes. Deziggg…

Langsung gogling soal terong perterongan ini dan ternyata selain terong itu lezat dia juga kaya manfaat lho, coba cek ke sini deh: Manfaat Berlimpah Terong untuk Kesehatan

Jadi ga perlu ragu lagi kan kalau mau makan terong 😀

Maap klo pikunya ga menarik, sepertinya perlu belajar jd food-stylist nih

Bahan:

  • 2 bh terong ungu, dipotong-potong
  • 50 gr teri jengki, direndam air
  • 2 bh cabai merah iris serong
  • 1 sdm air asam jawa
  • 2 lbr daun salam
  • 1 sdt gula pasir
  • Minyak untuk menggoreng & menumis

Bumbu Halus:

  • 5 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 bh tomat
  • garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih terong lalu belah dua dan potong setebal ±3 cm. Goreng hingga matang tapi jangan terlalu lunak. Angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum, beri air secukupnya.
  3. Masukkan ikan teri, irisan cabai merah, air asam jawa dan gula. Aduk-aduk sampai rata.
  4. Setelah teri cukup matang, tambahkan terong, aduk-aduk sampai bumbu meresap.
  5. Angkat dan hidangkan.

Untuk 4 porsi

Tumis Sarden Sayuran

D’Story :

Tadinya pengen masak soto ayam, buat buka puasa tapi ga ada yg anter ke pasar. Niatnya sih sekalian belanja buat 1 minggu. Ya udah deh malam ini masak apa adanya aja, disesuaikan dengan isi kulkas.

Pas diliat tinggal ada sekaleng sarden dan sayuran beku, klo dimasak sendiri-sendiri jadinya dikit banget. Campurin aja klo gitu, jadi ini bisa dibilang resep kepepet tapi soal rasa tetep yummy…

Bahan:

  • 1 klg sarden
  • 1 mangkuk sayuran beku
  • 4 sg bawang merah, iris halus
  • 2 sg bawang putih, iris halus
  • 1 ruas jahe, digeprek buat ngilangin amis
  • 3 bh cabai merah iris serong
  • 2 lbr daun salam
  • 1 ruas laos, digeprek
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • gula & garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan cabai merah, salam, laos dan jahe tumis hingga layu.
  3. Masukkan sayuran beku, masak hingga setengah matang.
  4. Masukkan sarden dan sausnya. Masak hingga matang.
  5. Tambahkan garam, gula pasir, lada bubuk.
  6. Setelah rasanya pas, angkat dan hidangkan.

Untuk 4 porsi

Ayam Goreng

D’Story :

Ayam adalah makanan favorit saya, mau diolah dalam bentuk apapun juga pasti sayaa lahap. Dulu semasa kecil saya di Jogja, Mama saya sering membelikan ayam goreng yg diwadahin pake besek. Rasanya uenakkk ada sambelnya yg asam manis dan kriuk-kriuk yg selalu jadi rebutan.

Saya belum bisa membuat ayam goreng seenak itu, tapi ini saya ingin berbagi resep ayam goreng sederhana tapi rasanya tetep yummy.

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera

Bumbu:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 5 buah kemiri
  • 2 lbr daun salam
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 btg sereh, geprek
  • 2 cm laos, geprek
  • 2 lbr daun salam
  • beberapa tetes cuka masak
  • gula jawa, garam dan asam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan semua bumbu, kecuali sereh, laos, daun salam.
  2. Masukkan bumbu ke dalam panci, tambahkan ayam dan beri air sampai terendam semua.
  3. Ungkep sampai air menyusut.
  4. Goreng sampai warnanya kekuningan.
  5. Angkat dan hidangkan.

Untuk 1  porsi (1 piring)