Tumis Udang Keciwis

D’Story :

Ada yg pernah liat keciwis? Keren… anda patut diacungin jempol, karena saya baru tau ada sayuran yg namanya keciwis pas pulang ke Bandung kemaren (ngomong-ngomong namanya lucu keciwis) kebetulan Nyokap masak tumis udang keciwis. Kurang tahu keciwis ini sebetulnya apa, yg jelas rasanya enak dan crunchy banget. Jadi berikut ini resep Tumis Udang Keciwis

Bahan:

  • 5-7 bonggol keciwis, potong-potong
  • 150 gr udang besar sedang, buang kulit dan kepala
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 1 sdm margarin
  • 150 cc air
  • 2 bks maggi block

Bumbu:

  • 3 butir bawang merah, iris halus
  • 4 sg bawang putih, iris halus
  • 4 bh cabai merah besar, iris serong
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm kecap
  • gula & garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak dan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, jahe, daun salam, aduk rata.
  2. Masukkan udang, masak hingga udang berubah warna. Tambahkan air, maggi blocks, keciwis dan kecap ikan, aduk rata, tutup dan diamkan sebentar.
  3. Tambahkan gula dan garam secukupnya, setelah matang, angkat dan hidangkan.

Untuk 4 orang

Advertisements

Onion Ring

D’Story :

Tadinya pengen bikin tempe goreng, kudapan andalan buat nemenin nonton Kick Andy malam ini. Tapi pas mampir ke pasar beli tempe, liat bawang bombay yg montok-montok jd tergoda.

Kebetulan sdh lama banget punya niat pengen bikin Onion Ring ala fast food itu. Masa kudapan sesimple itu seporsinya dihargain segitu, ayoh… bikin sendiri pasti bisa. Garis besarnya sih ngerti, tapi biar pasti tanya om gugel dulu, dan setelah dipraktekkan walla… Onion Ring Crispy ala gw. Hmm yummy 😀

Bahan:

  • 2 bh bawang bombay, pilih yg ukuran sedang
  • minyak goreng
  • 1 sdt garam halus

Bumbu (aduk rata):

  • 1  sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt campuran thyme dan basil kering (aku td pake oregano, ngejar ijo-ijonya doang)
  • 1/2 sdt merica bubuk (sepertinya pakai lada hitam lebih nendang nih)
  • 1/4 sdt cabai merah bubuk

Adonan Tepung:

  • 95 gr tepung terigu
  • 30 gr tepung maizena
  • 1 sdt garam
  • 1 btr telur ayam, kocok lepas
  • 2 sdm minyak goreng
  • 185 ml ginger ale (aku pake air biasa)

Cara Membuat:

  1. Potong bawang bombay 1 cm, rendam pakai air es, diamkan selama 30 menit kemudian tiriskan.
  2. Campur tepung terigu, tepung maizena, bumbu halus dan garam hingga rata.
  3. Masukkan telur yg telah dikocok lepas, minyak sayur dan ginger ale. Aduk sampai rata, sisihkan.
  4. Panaskan minyak goreng, celupkan bawang bombay ke dalam adonan tepung dan goreng hingga warnanya keemasan. Angkat dan tiriskan.
  5. Taburi garam halus secukupnya, hidangkan dengan saos sambal.

Untuk 1  porsi (1 piring)

Muffin Cokelat

D’Story :

Entah ada angin apa sore ini @selebvi pingin belajar masak, katanya pengen jadi istri yg baik. Gw rasa tu anak sedang jatuh cinta ya… *mari kita cari tahu lebih lanjut*, maka pergilah dia berguru kepada @allunamaharani, putri solo sing ayu lan … *duh lupa terusannya* dari hasil bujuk rayu keluarlah resep andalan yaitu Ice Cream & Muffin Cokelat, yg terlihat yummy sekali sore hari ini *padahal dibikin jg belum*.

Ah… baru ingat sebentar lagi tgl 14 Februari, kenapa ice cream dan muffin coklat? Tentunya untuk spesial one. Dan dibawah ini resep Muffin Cokelatnya.

Bahan :

  • 1 1/4 gelas belimbing terigu
  • 3/4 gula kastor
  • 3 sdm coco powder
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt serbuk vanili
  • 1 btr telur
  • 3/4 susu cair
  • 1/3 minyak goreng

Cara membuat :

  1. Panaskan kukusan, tutupnya beri serbet
  2. Campurkan bahan-bahan kering di satu wadah (terigu, gula, coco powder, baking powder, soda kue, vanili). Aduk rata manual.
  3. Campurkan bahan-bahan cair di wadah yang lain (telur, susu, minyak goreng). Aduk rata manual.
  4. Lalu campur bahan cair ke bahan-bahan kering, aduk asal sebentar saja.
  5. Masukkan ke dalam cetakan, jangan terlalu penuh, karena kue akan mengembang.
  6. Kukus selama 15 menit, tususk pakai lidi untuk melihat sudah matang apa belum.
  7. Siap dihidangkan.

Sumber : @allunamaharani