Sambal Ikan Cue

D’Story :

Sayur lodeh semalem masih ada, kemarin sengaja bikin banyak… kirain temen-temen mas Sidik mau makan di rumah. Eh taunya udah pada makan 😦 Jadi buat buka puasa hari ini tinggal nambahin lauknya aja, ikan cue cocok kali ya sama sayur lodeh. Tapi diapain ya… klo digoreng udah terlalu sering, pengennya sih ikan cue ini tampil lebih menarik.

Setelah browsing gw dapet resep Sambal Ikan Cue Tongkol (liat dari gambarnya… yummy nih dipaduin sama nasi hangat & sayur lodeh), tinggal ganti ikan tongkolnya dgn ikan cue… Sip deh 😀

Resep aslinya bisa diintip disini : Sambal Ikan Cue Tongkol

Bahan :

  • 8 bh ikan cue
  • 5 bh cabai merah, haluskan
  • 2 sg bawang putih, haluskan
  • 4 sg bawang putih, iris tipis
  • 3 sg bawang merah, iris tipis
  • ½ btr bawang Bombay, iris tipis
  • Daun bawang, potong-potong
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Goreng terlebih dahulu ikan cue sampai matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan cabai merah yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan irisan bawang putih, bawang merah, bawang bombay dan daun bawang.
  3. Tambahkan sedikit air kemudian masukkan ikan cue yang sudah digoreng, aduk-aduk sebentar kemudian tambahkan sedikit air lagi.
  4. Setelah bumbu meresap, angkat dan hidangkan.

Cah Baby Kailan

D’Story :

Niat semula mau buat cah baby kailan untuk makan sahur, tapi pas buka lemari es… baby kailan dan sawi hijau bercampur jadi satu, menyusut dan sama-sama keriting. Sulit membedakan mana yg baby kailan mana yg sawi hijau (ini gara-gara kami tinggal ke Bandung selama 3 hari). Pikir punya pikir… wong bentuknya hampir mirip ini (sama sekali ga keingetan klo dua macam sayuran itu mempunyai rasa yg berbeda) masak aja sekalian. Setelah matang, didiamkan dulu supaya hilang uap panasnya terus mau ambil fotonya untuk dipasang di blog, tapi ayahnya Nadine tiap lewat dapur nyomotin sesendok demi sesendok… enakkkkk katanya 😀 Ya sudahlah, sayur buat santap sahur tinggal separuh… mau difoto sudah tidak indah lagi, jadi monggo silahkan dicoba saja resepnya. Asli made in saya… jadi maafkan klo sedikit rada ngawur :-p

Bahan :

  • 3 ikat Baby Kailan, potong-potong
  • 5 btr bakso sapi, iris tipis
  • ½ btr bawang bombay, iris tipis
  • 3 sg bawang putih (saya pakai yg agak gede)
  • kecap asin secukupnya
  • gula, garam, penyedap masakan secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Iris tipis bawang putih dan bawang bombay
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukkan irisan bakso, tumis sebentar, tambahkan sedikit air.
  4. Bubuhkan garam, gula, penyedap masakan dan kecap asin secukupnya.
  5. Rasakan terlebih dahulu, bila sudah pas baru masukkan baby kailan.
  6. Tumis sebentar saja, supaya baby kailan tidak terlalu matang. Angkat dan hidangkan.