Tumis Buncis Ikan Mackarel

D’Story :

Perut terasa lapar tapi hanya punya mackarel kalengan. dan sedikit buncis. Ga perlu khawatir, dengan sedikit otak-atik jadilah Tumis Buncis Ikan Mackarel. Dimakan pake nasi panas hmm… yummy 🙂

Bahan :

  • 1 kaleng ikan mackarel
  • 5 bh cabai rawit, biarkan utuh
  • 10 bh buncis, potong-potong ±  3 cm
  • 2 bh cabai merah besar, potong serong
  • 1 siung bawang putih, iris tipis-tipis
  • 5 siung bawang merah, iris tipis-tipis
  • 1 bh tomat, potong-potong
  • 1 bh jahe (secukupnya saja) dimemarkan
  • 1 ruas laos, dimemarkan
  • minyak goreng untuk menumis
  • garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
  2. Masukkan cabai rawit, irisan cabai merah besar, jahe dan lengkuas.
  3. Masukkan tomat, masak sampai layu.
  4. Masukkan ikan mackarel berikut airnya, masak sampai mendidih.
  5. Masukkan buncis, aduk pelan-pelan. Masak sebentar saja supaya buncis masih kriuk-kriuk saat dimakan.
  6. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, masak sampai kuah mengental.
  7. Siap dihidangkan.

Tips & Trik :

Ikan mackarel bisa juga diganti dengan ikan sarden, tapi klo gw lebih suka pakai ikan mackarel karena lebih gede dan yummy 😉

Advertisements

Kembang Kol Goreng Tepung

D’Story

Sebenernya gw ga ada rencana masak kembang kol, maunya sih bikin brokoli goreng tepung buat cemilan karena gw suka banget sama sayuran yang kaya manfaat ini. Bermula dari rasan-rasan sama suami gw, eh… pas dia keluar sebentar beli rokok pulangnya gw disodorin tas plastik.

“Nih… udah cepetan bikin sana, biar anaknya nanti ga ngiler,” kata suami gw.

Pas gw buka tas plastiknya, lho kok dibeliin kembang kol sih… ini kan bukan brokoli. Tapi demi menghargai usaha suami yang udah bela-belain ke pasar, gw coba masak jadi kembang kol goreng tepung.

Bahan:

  • Kembang kol
  • Tepung bumbu kobe
  • Tepung roti mama suka
  • 1 butir telur ayam, kocok
  • susu cair secukupnya
  • minyak goreng
  • garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci bersih kembang kol, pisahkan sesuai kuntumnya.
  2. Didihkan air kemudian rebus kembang kol sebentar saja.
  3. Angkat dan tiriskan.
  4. Gulingkan ke dalam tepung bumbu kobe tipis-tipis hingga rata.
  5. Kocok telur dan susu hingga rata, tambahkan garam dan merica secukupnya.
  6. Gulingkan dalam tepung roti hingga rata. Diamkan sesaat agar tepung roti benar-benar menempel.
  7. Goreng dalam minyak panas hingga warnanya kuning kecoklatan.
  8. Angkat dan tiriskan. Segera sajikan hangat-hangat ditemani saus botolan.

Tips & Trik:

Kembang kol bisa juga diganti dengan brokoli. Kalau menurut gw lebih enak pakai brokoli, tapi ini kembali ke selera masing-masing sih 🙂