Nasi Kuning & Lauknya

Dโ€™Story:

Hari Jumat, 26 Februari besok suami gw mau ultah. Ini adalah ulang tahun pertamanya semenjak kami menikah. Klo biasanya gw selalu ngasih kado, kali ini gw pengen buatin nasi kuning lengkap dengan lauknya. Berhubung gw belum pernah masak nasi kuning untuk ulang tahun sourcing dulu deh cari resep-resepnya. Rencananya sih nasi kuning yang akan gw buat nanti terdiri dari :

  • Nasi Kuning –> Hiks… nasi kuningnya kok lembek ya… wanginya sih dapet, tapi warnanya pucet dan ga menarik, rasanya juga agak hambar, dimana salahnya? Ada yang bisa bantu ๐Ÿ™‚
  • Ayam Goreng –> Ga jadi bikin, my hubby kebetulan dapet bingkisan 1 ekor ayam goreng ๐Ÿ™‚
  • Sambal Goreng Kentang –> Sambal gorengnya yummy lho, thanks resepnya mbak Lia. Biar ga terlalu minimalis aku tambahkan potongan sosis.
  • Kering Tempe –> Ga jadi bikin kering tempe, udah kecapekan. Akhirnya digoreng pake bumbu racik instant ๐Ÿ™‚
  • Urap Sayuran Matang –> Hasilnya yummy banget, mirip sama buatan mama dan urapnya awet lho sampai besok lupa dipanasin nggak basi tuh, my hubby juga ngacungin jempol buat gw ๐Ÿ™‚
  • Telur Dadar –> klo yang ini semua pasti bisa kan ๐Ÿ™‚
  • Pelengkap : Abon, Timun & Tomat

Wish me luck, mudah-mudahan hari jumat nanti semuanya berjalan lancar dan hasilnya yummy ๐Ÿ™‚

Oh satu lagi aku tambahin dengan sambal badar, resepnya klo sempat aku muat disini. Sambal ini juga laku keras, terbukti hanya sisa 1 sdt di mangkuknya.

Terus kemarin waktu udah disusun lupa difoto, baru inget buat foto-foto setelah tinggal sisa-sisa. Akhirnya foto nasi kuning yang sudah diwadahin dus buat hantaran ke bude aja ๐Ÿ™‚

Nasi Kuning

Bahan:

  • 2 siung bawang merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • ยฝ kg kelapa parut, ambil santan kentalnya (rencana gw pakai santan instant)
  • 2 ruas jari kunyit, parut, rebus dengan 50 cc air, saring
  • 5 lbr daun pandan
  • 3 lbr daun salam
  • 2 batang sereh, digeprek
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan hingga wangi.
  2. Masukkan santan dengan air kunyit, daun pandan, daun salam, sereh, dan garam. Rebus hingga mendidih.
  3. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih. Aduk-aduk dan masak hingga airnya surut. Diamkan sesaat kurang lebih selama 15 menit. –> Ini yang dinamakan mengaron beras.
  4. Beri air jeruk nipis, aduk rata, lalu masukkan ke dalam Magic Com, tambahkan air secukupnya kemudian masak hingga matang

Sumber : Resep dan cara memasak nasi kuning ini aku dapet dari mbak Ratna Tisna anggota milis WDM dengan diberikan sedikit variasi resep dari hasil gogling di internet.

Sambal Goreng Kentang Minimalis

Bahan:

  • 500gr kentang kupas
  • Minyak sayur secukupnya
  • 2 papan pete (optional)
  • ยพ sdt garam/secukupnya
  • 2 sdt gula merah/secukupnya
  • 100 ml air kaldu

Bumbu Halus:

  • 5 buah cabe merah
  • Cabe rawit secukupnya
  • 8 butir bawang merah

Cara:

  1. Kentang dipotong dadu, cuci bersih dan goreng agak kering.
  2. Pete dibelah2.
  3. Panaskan 3 sdm minyak, tumis pete hingga layu, masukkan bumbu halus dan tumis hingga wangi dan matang.
  4. Tuangi air kaldu, tambahkan garam dan gula. Masak hingga menyusut.
  5. Masukkan kentang goreng, aduk hingga rata dan agak mengering, angkat dan sajikan.

Sumber : Sambal Goreng Kentang Minimalis by Lia

Kering Tempe

Bahan :

  • 750 gr tempe, iris tipis kotak
  • 10 btr bawang merah, iris tipis
  • 6 bh bawang putih, iris tipis
  • 5 bh cabe merah besar, iris serong
  • 1 ruas lengkuas, pukul
  • 2 btg sereh, pukul
  • 2 lbr daun salam
  • 2 sdm gula merah, sisir halus
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air
  • 1 sdm chicken powder
  • minyak sayur untuk menggoreng.

Cara Membuat :

  1. Goreng tempe dalam minyak sayur panas hingga garing. Sisihkan.
  2. Goreng cabe iris, bawang merah iris dan bawang putih iris masing-masing. Sisihkan.
  3. Panaskan lk. 4 sdm minyak sayur, tumis lengkuas, sereh dan daun salam.
  4. Masukkan gula merah, gula pasir, air asam, garam dan air, aduk rata biarkan mendidih,
  5. Masukkan chicken powder, masak terus sambil diaduk hingga gula berambut kental.
  6. Masukkan tempe kering, bawang merah, bawang putih dan cabe goreng, aduk rata. Angkat.

Sumber : Kering Tempe by Ibu Fatmah Bahalwan

Urap Sayur Matang

Bahan :

  • Wortel, potong-potong korek api ยฑ 4 cm
  • Buncis, potongย  ยฑ 4 cm, kemudian belah-belah
  • Kecambah, cuci bersih
  • 1 buah kelapa agak muda diparut memanjang
  • gula dan garam

Bumbu Halus :

  • 2 buah cabe merah besar, buang isinya, kecuali bila suka urap sedikit pedas.
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdm air asem
  • 1/2 sdt terasi kalau suka kalau engga juga gpp

Cara Membuat :

  1. Didihkan air secukupnya tambahkan garam sedikit.
  2. Rebus sayuran yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan kelapa parut kemudian tambahkan air sedikit supaya tidak gosong. Masak sampai matang.
  4. Masukkan sayuran yang sudah direbus, aduk-aduk sampai rata.
  5. Tambahkan ย gula dan garam sesuai selera. Jika rasanya sudah pas angkat dan hidangkan.

Source : Untuk urap, resep dan cara membuatnya ngopas abis sama resep mama gw. Kebetulan kemarin waktu acara syukuran 4 bulan kehamilan gw, mama bikinin urap seperti ini, menurut beliau urapnya lebih awet ga cepet basi dan warnanya cantik. Memang agak sedikit nyemek-nyemek tapi terbukti suami gw suka banget sampai nyuruh gw nanyain resepnya. Selain rasanya yummy banget bahannya simple dan ga ribet ๐Ÿ™‚