Orak Arik Soun

D’Story :

Dari beberapa hari yang lalu gw pengen bikin orak arik soun, hanya saja selalu tertunda. Akhirnya kesampean juga niat gw buat bikin orak arik soun. Berhubung sudah agak malam dan perut sudah mulai keroncongan, gw minta bantuan suami buat nyiapin sayurannya biar cepet sementara gw nyiapin yang laennya.

Gw : “Wortelnya dipotong korek api ya.”   Simas : “Wortel kok dipotong korek api, maksudnya apa?”   Gw : “Iya kan mau dibikin orak arik, jadi dipotong rada halus.”   Simas (sambil mringis) : “Pembantu mana tahu ini dipotong korek api ya, potong dadu ya, potong jajaran genjang ya.”   Hasil akhir : wortel dipotong panjang 5 cm dibelah 4 (waduh orak arik kok wortelnya segede gaban, bisa keselek nih yang makan)

Gw : “Mas klo wortelnya sudah, buncisnya diiris tipis nyerong yah.   Simas : “Buncis kok diiris tipis-tipis gitu sih, ibu dulu pernah masak buncis diirisnya seperti itu, ga enak ga ada rasanya.”   Gw : “Ya wis motongnya terserah mas aja, yang penting mas enak makannya.”   Hasil akhir : buncis dipotong suka-suka sebagian ada yg diiris tipis ada yg panjang ada yg bulet, sama sekali tidak beraturan.

Sewaktu orak arik hampir matang, Simas melongok dan mencicipi sedikit, “Warnanya pucet sih?” langsung aja Simas meraih botol kecap manis wurrr uwurr awurr… nah klo begini kan cantik. Dalam hati gw pengen ketawa, seumur-umur baru kali ini gw liat orak-arik warnanya coklat, jadi mirip bihun goreng. Wah ini sih orak arik koboy batin gw.

Wuah… itulah suka dukanya masak bareng Simas, jagonya sih jago tapi suka bereksperimen alias keluar dari pakem.

Bahan :

  • 50 gr soun, rendam air panas, tiriskan
  • 100 gr wortel, potong korek api
  • 100 gr buncis, potong serong tipis-tipis
  • 1 btr telur ayam (gw cuma pake 1, ternyata kurang nendang)
  • 3 siung bawang putih geprek
  • 2 btr bawang merah iris halus
  • 1 sdt kecap asin
  • ½ sdt garam
  • merica secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum
  2. Masukkan sayuran wortel dan buncis, garam, gula, merica, kecap asin, tumis hingga sayuran setengah matang
  3. Tambahkan sedikit air, lalu masukkan soun, aduk rata
  4. Terakhir masukkan telur yang sudah di kocok lepas. Biarkan sesaat agar telur mengeras, aduk-aduk hingga telur matang.
  5. Angkat dan sajikan

Tips & Trik :

Biasanya Nyokap gw masaka orak arik soun yang basah, nyemek-nyemek gitu trus dikasi taburan bawang goreng. tapi kalau gw liat di resep yang ada di internet sepertinya tidak menggunakan tambahan air, jadi begitu sayuran setengah matang soun langsung dimasukkan. Wuah gw sih tetep pake, soalnya buat antisipasi klo ada soun yang masih keras.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s