Sayur Asem Jakarta

D’Story :

Pulang kerja mampir warung langganan, ngubek-ubek kotak sayuran tinggal paket sayur asem, yah… lumayanlah daripada ga bawa apa-apa. Berhubung gw belum pernah masak sayur asem nanya dulu bumbunya sama temen. Kata temen gw ada 2 macam sayur asem, maunya yg mana… lha mana kutahu bikin sayur asem aja belum pernah. Karena menurut temen gw ini sayur asem jakarta lebih nendang… jadinya gw pilih sayur asem jakarta aja.

Sampe dirumah gw olah bahan sayur asem sesuai ingatan gw. Pas ketemu sama asem mentah gw bingung nih asem mentah diapakan ya. Malu-malu gw nanya sama suami gw, “mas klo masak sayur asem… asemnya diapain yah?” Dudul banget deh… untung suami gw orangnya sabar dan pengertian. Luv u mas….

Bukan gw kalo masak ga ada yg ketinggalan, kali ini lengkuas dan daun salamnya lupa gw masukin. Berhubung rasanya udah nendang banget… kesalahan gw kali ini dimaafkan oleh suami tersayang.

Bahan (sesuai paket sayur asem yg gw beli) :

  • 1 potong nangka muda
  • ½ bh labu siam, potong dadu
  • 1 bh jagung manis, potong serasi (dari paketnya hanya dapet ¼ potong hiks…)
  • 1 genggam melinjo utuh
  • 1 genggam daun melinjo
  • 10 lbr kacang panjang, potong serasi
  • 1,5 lt kaldu ayam (gw pakai kaldu dari “Maggi” blok)
  • 3 bh asam mentah, memarkan (sama suami gw dipotong gede-gede)
  • 3 lbr daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • Gula jawa secukupnya

Bumbu halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 3 bh cabai merah besar
  • ½ blok terasi udang “ABC”
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih sayuran, lalu potong-potong dengan ukuran sedang. Sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, asam muda dan gula jawa. Masak sampai air mendidih lagi.
  3. Masukkan sayuran yang keras seperti jagung manis, nangka dan labu siam. Masak sampai setengah matang lalu masukkan sayuran yang lainnya seperti kacang panjang dan daun melinjo.
  4. Masak sampai semua matang dan angkat.

Tips & Trik :

  1. Kalau pakai terasi mentah, jangan lupa dibakar dulu.
  2. Ada yang suka menambahkan kacang tanah ke dalam sayur asem. Kalau suami gw lebih suka pakai kacang merah.
  3. Bisa juga memakai belimbing wuluh sebagai tambahan biar lebih nendang.
  4. Karena pakai kemiri kuahnya jadi keruh, apalagi kalau nguleknya kurang halus. Kalau mau sedikit repot, setelah mendidih saring kuahnya baru dimasak lagi.
  5. Daun melinjonya dipilihin yang muda ya, jangan seperti gw main cemplungin smuanya. Alhasil pas makan, “mas kok daun melinjonya alot ya?”

Sumber : Originally Me dibantu suami dan temen gw 😀

Advertisements

2 thoughts on “Sayur Asem Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s