Sayur Kacang Merah Sunda

D’Story :

Karena suami suka banget dengan kacang merah, kemaren gw bikin sayur kacang merah sunda. Resep gw dapet dr gogling di internet plus sedikit modifikasi. Baru sekali ini coba langsung nendang 😀

Awalnya suami gw sempet protes, “Ini maksudnya bikin sayur asem atau apa sih?” Eh belakangan, waktu makan suami tercinta bolak-balik nambah hingga kuahnya tidak bersisa.

Kalo lagi dingin-dingin pas banget bikin sayur ini, rasakan asem, manis dan segarnya.

Bahan :

  • 250 gr kacang merah yang segar
  • Air asem
  • 1 ruas lengkuas, digeprek
  • 2 lbr daun salam
  • 1 bh tomat merah, potong kotak-kotak
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa
  • Daun bawang, potong-potong 2 cm

Bumbu dihaluskan :

  • Cabai merah besar
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Terasi
  • Kemiri
  • Gula merah

Cara Memasaknya :

  1. Rebus kacang merah sampai empuk
  2. Kalau kacang merah sudah setengah matang, masukkan bumbu halus, air asem, laos dan daun salam.
  3. Masukkan tomat, tambahkan garam dan penyedap rasa.
  4. Masak terus hingga matang, sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang.
  5. Sajikan selagi hangat
Advertisements

Orak Arik Soun

D’Story :

Dari beberapa hari yang lalu gw pengen bikin orak arik soun, hanya saja selalu tertunda. Akhirnya kesampean juga niat gw buat bikin orak arik soun. Berhubung sudah agak malam dan perut sudah mulai keroncongan, gw minta bantuan suami buat nyiapin sayurannya biar cepet sementara gw nyiapin yang laennya.

Gw : “Wortelnya dipotong korek api ya.”   Simas : “Wortel kok dipotong korek api, maksudnya apa?”   Gw : “Iya kan mau dibikin orak arik, jadi dipotong rada halus.”   Simas (sambil mringis) : “Pembantu mana tahu ini dipotong korek api ya, potong dadu ya, potong jajaran genjang ya.”   Hasil akhir : wortel dipotong panjang 5 cm dibelah 4 (waduh orak arik kok wortelnya segede gaban, bisa keselek nih yang makan)

Gw : “Mas klo wortelnya sudah, buncisnya diiris tipis nyerong yah.   Simas : “Buncis kok diiris tipis-tipis gitu sih, ibu dulu pernah masak buncis diirisnya seperti itu, ga enak ga ada rasanya.”   Gw : “Ya wis motongnya terserah mas aja, yang penting mas enak makannya.”   Hasil akhir : buncis dipotong suka-suka sebagian ada yg diiris tipis ada yg panjang ada yg bulet, sama sekali tidak beraturan.

Sewaktu orak arik hampir matang, Simas melongok dan mencicipi sedikit, “Warnanya pucet sih?” langsung aja Simas meraih botol kecap manis wurrr uwurr awurr… nah klo begini kan cantik. Dalam hati gw pengen ketawa, seumur-umur baru kali ini gw liat orak-arik warnanya coklat, jadi mirip bihun goreng. Wah ini sih orak arik koboy batin gw.

Wuah… itulah suka dukanya masak bareng Simas, jagonya sih jago tapi suka bereksperimen alias keluar dari pakem.

Bahan :

  • 50 gr soun, rendam air panas, tiriskan
  • 100 gr wortel, potong korek api
  • 100 gr buncis, potong serong tipis-tipis
  • 1 btr telur ayam (gw cuma pake 1, ternyata kurang nendang)
  • 3 siung bawang putih geprek
  • 2 btr bawang merah iris halus
  • 1 sdt kecap asin
  • ½ sdt garam
  • merica secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum
  2. Masukkan sayuran wortel dan buncis, garam, gula, merica, kecap asin, tumis hingga sayuran setengah matang
  3. Tambahkan sedikit air, lalu masukkan soun, aduk rata
  4. Terakhir masukkan telur yang sudah di kocok lepas. Biarkan sesaat agar telur mengeras, aduk-aduk hingga telur matang.
  5. Angkat dan sajikan

Tips & Trik :

Biasanya Nyokap gw masaka orak arik soun yang basah, nyemek-nyemek gitu trus dikasi taburan bawang goreng. tapi kalau gw liat di resep yang ada di internet sepertinya tidak menggunakan tambahan air, jadi begitu sayuran setengah matang soun langsung dimasukkan. Wuah gw sih tetep pake, soalnya buat antisipasi klo ada soun yang masih keras.

Es Melon

D’Story :

Karena suamiku pengen makan melon, kemaren sore gw bela-belain deh beli 1 butir melon yang lumayan berat, biar berat gapapa deh… demi suami tercinta 😀

Biasanya melon aku sajikan cukup dengan dikupas dan dipotong-potong, berhubung lagi puasa skalian aja gw bikin es melon buat buka puasa. Bikinnya gampang dan cepet jadinya sueger tenan lho.

Bahan :

  • 1/2 bh melon
  • 250 gr gula pasir
  • es batu
  • air matang secukupnya
  • sirup rasa melon

Cara Membuat :

  1. Bersihkan melon dari isinya. Kerok melon dengan serutan memanjang, bila tidak punya bisa menggunakan sendok kecil. Serut dengan serutan yang lembut memanjang, tampung dalam mangkuk.
  2. Tambahkan gula pasir, aduk-aduk dengan sendok hingga airnya keluar.
  3. tambahkan air secukupnya dan sirup rasa melon sebagai penambah rasa.
  4. Bila akan dihidangkan, ambil beberapa sendok es melon berikut airnya tambahkan es batu yang sudah dihancurkan.
  5. Sajikan.

Balado Terong

D’Story :

Punya terong tinggal 2 buah enaknya diapain ya? Hmm… paling gampang sih di masak di balado aja, klo cuma buat balado gancel… Tinggal belah terongnya, haluskan bumbunya cemplung jadi satu siap deh. Dimakan sama nasi anget, biar ga ada temennya tetep nendang…

Pas dicoba… kok rasanya rada aneh ya? Pagi-pagi pas mau sahur, “Wie.. tuh balado terongnya udah aku tambahin gula.” Haikkk… ternyata keasinan ya, maafkan aku cinta hehehe… eh bener lho pas dicoba rasanya makin nendang 😀

Bahan :

  • 2 bh terong ungu, belah 2, potong-potong 5 cm
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air secukupnya
  • Penyedap masakan
  • Gula pasir

Bumbu halus :

  • 5 buah cabe merah keriting (klo mau lebih pedas silahkan ditambah cabenya)
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak lalu goreng terong sampai layu. Sisihkan.
  2. Panaskan 3 sdm minyak bekas menggoreng terong lalu tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Masukkan gula pasir, penyedap masakan dan air secukupnya.
  4. Masukkan terong goreng, aduk sebentar.
  5. Matikan api lalu taburi teri goreng, angkat.

Sayur Asem Jakarta

D’Story :

Pulang kerja mampir warung langganan, ngubek-ubek kotak sayuran tinggal paket sayur asem, yah… lumayanlah daripada ga bawa apa-apa. Berhubung gw belum pernah masak sayur asem nanya dulu bumbunya sama temen. Kata temen gw ada 2 macam sayur asem, maunya yg mana… lha mana kutahu bikin sayur asem aja belum pernah. Karena menurut temen gw ini sayur asem jakarta lebih nendang… jadinya gw pilih sayur asem jakarta aja.

Sampe dirumah gw olah bahan sayur asem sesuai ingatan gw. Pas ketemu sama asem mentah gw bingung nih asem mentah diapakan ya. Malu-malu gw nanya sama suami gw, “mas klo masak sayur asem… asemnya diapain yah?” Dudul banget deh… untung suami gw orangnya sabar dan pengertian. Luv u mas….

Bukan gw kalo masak ga ada yg ketinggalan, kali ini lengkuas dan daun salamnya lupa gw masukin. Berhubung rasanya udah nendang banget… kesalahan gw kali ini dimaafkan oleh suami tersayang.

Bahan (sesuai paket sayur asem yg gw beli) :

  • 1 potong nangka muda
  • ½ bh labu siam, potong dadu
  • 1 bh jagung manis, potong serasi (dari paketnya hanya dapet ¼ potong hiks…)
  • 1 genggam melinjo utuh
  • 1 genggam daun melinjo
  • 10 lbr kacang panjang, potong serasi
  • 1,5 lt kaldu ayam (gw pakai kaldu dari “Maggi” blok)
  • 3 bh asam mentah, memarkan (sama suami gw dipotong gede-gede)
  • 3 lbr daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • Gula jawa secukupnya

Bumbu halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 3 bh cabai merah besar
  • ½ blok terasi udang “ABC”
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih sayuran, lalu potong-potong dengan ukuran sedang. Sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, asam muda dan gula jawa. Masak sampai air mendidih lagi.
  3. Masukkan sayuran yang keras seperti jagung manis, nangka dan labu siam. Masak sampai setengah matang lalu masukkan sayuran yang lainnya seperti kacang panjang dan daun melinjo.
  4. Masak sampai semua matang dan angkat.

Tips & Trik :

  1. Kalau pakai terasi mentah, jangan lupa dibakar dulu.
  2. Ada yang suka menambahkan kacang tanah ke dalam sayur asem. Kalau suami gw lebih suka pakai kacang merah.
  3. Bisa juga memakai belimbing wuluh sebagai tambahan biar lebih nendang.
  4. Karena pakai kemiri kuahnya jadi keruh, apalagi kalau nguleknya kurang halus. Kalau mau sedikit repot, setelah mendidih saring kuahnya baru dimasak lagi.
  5. Daun melinjonya dipilihin yang muda ya, jangan seperti gw main cemplungin smuanya. Alhasil pas makan, “mas kok daun melinjonya alot ya?”

Sumber : Originally Me dibantu suami dan temen gw 😀

Bubur Kacang Merah

D’Story :

Biasanya kacang merah gw bikin rendang ato buat campuran sayur, sekali-kali pengen cobain yang beda nih. Seperti biasa ngubek-ubek internet dulu dapetlah resep Bubur Kacang Merah ala Indofood.

Karena gw ga punya blender, kacang merah rebusnya gw ulek aja, tapi kok kulit kacang merahnya ga ikut hancur ya… wah sepertinya tenaga gw kurang kuat nih, ya harap maklum kan lagi puasa. Mau disaring… hiks ga punya saringan, ya sudahlah biarkan saja 😀

Gw bikinnya ga pake saus santan kental, habis belum selesai bkinnya suami gw udah nungguin aja. Wuih… uenak tenan lho, entah karena gw sukses bikinnya ato efek syrup yah… yg jelas tengah malam suami gw bangun, buburnya yg tersisa dihabiskan semua sampe pancinya dikoretin 😀

Bahan :

  • 250 g kacang merah
  • 500 ml santan
  • 150 ml Sirup Indofood Cocopandan
  • 1 batang kayu manis (gw pakai yg bubuk, tapi lebih sedap klo pakai yg masih batangan)
  • 20 g sagu, larutkan dengan 50 ml air
  • 100 ml santan kental
  • ½ sdt garam

Cara membuat :

  1. Rebus kacang merah hingga lunak, tiriskan. Haluskan sebagian dengan blender, sisihkan.
  2. Didihkan santan, Sirup Indofood Cocopandan dan kayu manis. Masukkan kacang merah utuh dan kacang merah yang telah dihaluskan.
  3. Tambahkan larutan tepung sagu, masak hingga matang dan kental, angkat.
  4. Masak santan kental dengan garam hingga mendidih. Angkat, sisihkan.
  5. Sajikan bubur dengan saus santan kental.

Sumber : Syrup Indofood