Cah Sawi Tahu Sutra

D’Story :

Buat buka nanti maunya sih masak yg sederhana aja,  gampang dan cepat. Setelah cari-cari di internet dapet resep Cah Sawi Tahu Sutra, kebetulan kemarin baru beli tahu di warung langganan, memang bukan tahu sutra hanya tahu putih biasa tapi gw rasa ga kalah sedapnya dengan tahu sutra.

Gw rada bingung dengan perintah : “rebus sawi sampai matang”, rebus dengan kukus sama nggak ya? Maklum aja gw kan koki pemula. Kalau dikukus gw ga punya panci kukusnya nih, alhasil sawinya gw tumis aja pake mentega sampai matang. Hasilnya cantik juga lho. Eh… bukannya tukang mie ayam itu sawinya juga dicemplungin ke air panas ya, itu direbus juga bukan? Dasar dudul…

Pas semua bahan sudah masuk dan tinggal diangkat, kok gw merasa ada yg aneh tapi apa ya, pas balik badan, ya ampun gw lupa masukin mericanya waduh gimana nih… Bismillah gw cemplungin aja mericanya. Hasilnya menurut suami gw lho : “udah pas nih, enak kok”, wuah… senangnya. Berikut ini resepnya yang sudah gw modif sedikit saja.

Update Story:

Resep ini memang tidak pernah gagal. Ini kali kedua gw buat Cah Sawi Tahu Sutra, kali ini tahu yang gw pakai adalah tahu sutra dan resepnya ngikutin resep aslinya milik keluarga Nugraha.

Bahan:

  • 1 buah tahu, potong kotak kecil (aslinya pakai tahu sutra)
  • 1 buah telor, kocok
  • 1 ikat sawi, potong-potong 3 cm
  • 2 siung bawang putih, rajang halus
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 blok kaldu ayam “Maggi”
  • 1/2 sdt merica, haluskan
  • 1 sdt gula pasir (kalau suka manis boleh ditambahin, gw pakai 2 sdt)
  • 50 ml air
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong (gw ga pake bawang bombay)
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air
  • 2 sdm mentega untuk menumis sawi (tambahan dr gw)

Cara Membuat:

  1. Celupkan tahu sutra ke dalam kocokan telur, lalu goreng sampai setengah matang. Sisihkan.
  2. Tumis sawi dengan 2 sdm mentega sampai matang, atur dalam piring saji.
  3. Tumis bawang putih sampai harum, lalu bubuhi saos tiram dan merica.
  4. Masukkan air, kaldu ayam bubuk dan gula pasir, masak sampai mendidih.
  5. Masukkan larutan tepung maizena, lalu aduk sampai kuah kental.
  6. Terakhir, masukkan tahu goreng, aduk rata.
  7. Siram tumisan tahu ke atas sawi.

Untuk 5 porsi

Sumber : Resep Keluarga Nugraha